PERAN PEMUDA DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19

PERAN PEMUDA DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19

Oleh:
Al Munawir
Student of Department of Islamic Economics
 Syiah Kuala University

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada tahun 2020 ini merupakan tahun yang akan dikenang sepanjang masa dikarenakan adanya fenomena yang begitu dahsyat yang menimpa seluruh negara yang ada dibumi ini. Fenomena yang dimaksud adalah munculnya virus yang begitu mematikan yang bernama virus corona atau bahasa medisnya covid-19. Covid-19 pertama mucul di Kota Wuhan China pada akhir tahun 2019 lalu, selanjutnya penyebaran virus corona makin menghawatirkan karena sudah merambah keberbagai negara dibelahan dunia ini. Kompas.com (06/04/2020) melansir data real time yang dikumpulkan oleh John Hopkins University, jumlah infeksi per Senin (06/04/2020) pagi adalah sebanyak 1,27 juta kasus.
Salah satu negara yang terdampak wabah covid-19 yang berada dibenua Asia ialah Indonesia. Data terbaru per Minggu (05/04/2020) pukul 12.00 WIB, menyebutkan jumlah kasus infeksi virus covid-19 di Indonesia berjumlah 2.273 kasus. Jumlah ini mengalami penambahan sebanyak 181 kasus dari hari sebelumnya. Dari jumlah tersebut, 198 orang meninggal dunia dan 164 pasien telah dinyatakan sembuh (Kompas.com, 2020). Dengan kondisi tersebut membuat pemerintah Indonesia terus cepat bergerak dalam rangka melakukan tindakan penaganan covid-19. Pemerintah mewajibkan masyarakat yang hendak keluar rumah wajib mengenakan masker untuk menghindari perluasan penyebaran covid-19. Pemerintah juga telah mengeluarkan peraturan terbaru yaitu Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 sebagai aturan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penaganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Oleh karena itu, selain upaya penaganan yang telah dibuat oleh pemerintah tentunya perlu dukungan tambahan dari para pemuda Indonesia dalam rangka penaganan pandemi covid-19 ini.
Sebagaimana yang kita ketahui pemuda merupakan tolak ukur dari kemajuan suatu bangsa. Jika pemuda di Indoensia sudah melakukan aksi nyata untuk membuat perubahan besar, tentunya setiap masalah yang dihadapi oleh negara ini bisa diselesaikan dengan baik. Bapak presiden pertama negara ini pernah mendengungkan kata-kata yaitu “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Maka dari itu, peran pemuda sangat penting dimasa sekarang ini dalam rangka penaganan pandemi covid-19. Berikut adalah strategi dan upaya pemuda dalam penaganan pandemi covid-19 yaitu:
1.   Melakukan Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Kepada Masyarakat
Sosialiasi dan edukasi merupakan hal yang sangat penting yang harus digerakkan oleh pemuda dalam rangka memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait wabah virus corona (covid-19). Sosialisasi dan edukasi bisa dilakukan melalui sosial media dengan memberikan informasi-informasi yang sifatnya positif terkait penaganan pandemi covid- 19.
2.   Melakukan Aksi Relawan Dalam Penaganan Pandemi Covid-19
Pemuda merupakan aset besar bagi suatu negara, dimana dengan bergeraknya pemuda seperti membuat kegiatan relawan covid-19 diharapkan dapat membantu/meringankan tenaga medis yang sedang berjuang dalam menyembuhkan pasien covid-19.
3.   Menulis Artikel/Opini Tentang Pengetahuan Penaganan Pandemi Covid-19
Menulis merupakan hal yang sangat penting, karena dengan kita menulis karya kita tesebut akan dikenang oleh orang lain. Seperti dengan kita melulis terkait dengan isu-isu yang positif terkait penaganan pandemi covid-19. Tulisan tersebut nantinya akan dipublikasikan kepada masyarakat dan Insya Allah akan bermanfaat dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

NILAI-NILAI DASAR EKONOMI ISLAM

MANAJEMEN KONVENSIONAL VS MANAJEMEN ISLAMI

ISTILAH-ISTILAH INSTRUMEN SUMBER PENERIMAAN KEUANGAN NEGARA DALAM KEUANGAN PUBLIK ISLAM